Rabu, 17 Agustus 2016

Malaysia Mundur Jadi Penyelenggara Kongres FIFA 2017 Karena Israel


Malaysia mundur dari penyelenggara kongres FIFA 2017 setelah pemerintah menolak untuk mengeluarkan visa bagi perwakilan Israel yang harus ikut berpartisipasi dalam pertemuan tahunan tersebut.

Wakil presiden Federasi Sepakbola Malaysia, Afandi Hamzah mengatakan kepada AFP bahwa mundurnya Malaysia sebagai penyelenggara kongres disebabkan karena faktor keamanan yang ia sendiri tidak jelaskan secara detil. Namun pada saat yang sama ia juga menjelaskan bahwa hal ini terkait pula dengan pernyataan terakhir Wakil Perdana Mentri Zahid Hamidi.

Hamidi  menjelaskan bahwa Malaysia tidak dapat memberikan visa masuk bagi pejabat Israel dikarenakan tidak adanya hubungan diplomatik antara kedua negara. Selain itu, hal ini berpotensi meningkatkan sensitivitas di kalangan warga Malaysia.

Hamidi menambahkan, "Setelah mempelajari keuntungan dan kerugian, lebih baik untuk Malaysia  menghindari menjadi tuan rumah pertemuan tersebut."

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi di Malysia. Pada tahun lalu perwakilan Israel juga gagal berpartisipasi pada kejuaraan olahraga berlayar World Youth Championship, setelah penolakan serupa dari pihak berwenang Malaysia.

Penolakan pemberian visa pada warga Israel ini konon dilakukan atas latar belakang sejarah demonstrasi anarkis yang dilakukan oleh ratusan warga pada tahun 1997 karena partisipasi Israel dalam turnamen internasional kriket berlangsung di Malaysia waktu itu.

Add Comments